|

Diet Coke VS Mentos


Membuat letusan dengan Diet Coke dan Permen Mentos.


Hai teman-teman.. ketemu lagi nih.. Dah lama nih Dimas nggak nulis di blog Dimas. Kali ini kita akan membuat percobaan permainan lagi yang sudah populer, yaitu membuat "letusan" dengan diet coke dan permen mentos. Teman-teman sudah tahu semua kan bahan-bahan itu.. Diet coke atau bisa juga
dengan Pepsi diet dan permen mentos banyak dijual di toko-toko di sekitar kita.
Percobaan ini sangat menyenangkan dan pasti akan memukau teman-teman semua... 


Bahan-bahan yang kita perlukan:

    - Botol besar Diet Coke / Pepsi diet
    - Sekitar satu bungkus permen Mentos
    - Tabung kecil (untuk mempermudah memasukkan permen mentos)
    - Kertas tebal secukupnya

Petunjuk:

   1. Pastikan kita lakukan percobaan ini di tempat yang aman (terbuka)    agar tidak mengotori sekitarnya.Harap tidak mencoba di dalam    ruangan !!
   2. Letakkan botol Diet Coke berdiri tegak dan buka tutupnya. Masukkan    permen mentos ke dalam tabung dan letakkan kertas tebal pada mulut    tabung (agar nantinya kita dapat memasukkan permen secara
   cepat dan bersama-sama).
   3. Letakkan tabung dengan bagian kertas dibawah tepat diatas mulut     botol Diet coke. Lepaskan kertas dengan cepat agar permen dapat     masuk dengan cepat ke dalam botol. Jika kita dapat melakukannya     dengan benar maka air diet coke akan meluap keluar dari dalam botol.     Wow... itu pemandangan yang sangat mengesankan.


Apa yang terjadi?

Meskipun ada beberapa teori yang berbeda tentang bagaimana percobaan ini bekerja, alasan yang paling logis adalah karena kombinasi karbon dioksida yang ada dalam Diet Coke dan bahan yang ditemukan pada permen Mentos yang saling bereaksi.

Suatu hal yang membuat minuman berkarbonasi adalah gas karbon dioksida yang dipompa saat minuman dikemas ke dalam botol di pabrik pembuatnya. Gas tidak bisa dilepaskan dari cairan dalam botol sampai kita menuangnya ke dalam gelas dan meminumnya dan ada juga yang akan dilepaskan ketika kita membuka tutup botolnya (lebih banyak lagi jika botol kita kocok sebelumnya).

Menjatuhkan permen mentos ke dalam Diet Coke mempercepat proses pelepasan gas yaitu saat permen menyentuh permukaan zat cair dan juga memungkinkan untuk membentuk gelembung pada area permukaan Mentos. Bentuk potongan permen mentos yang bulat oval juga secara dramatis dapat meningkatkan sejumlah besar gelembung terbentuk.

Selamat mencoba dan bersenang-senang

Perhatian :
- Harap berhati-hati saat melakukan percobaan ini agar tidak mengotori tempat percobaan
- Percobaan bekerja lebih baik dengan minuman diet coke daripada minuman soda lain karena bahan-bahan yang agak berbeda dan diet soda tidak begitu lengket.




Posted from : www.sciencekids.co.nz , www.youtube.com


Diposkan Oleh : Dimas pada 12.25 . File label : . Terima kasih sudah berkunjung di Dimas on Blog. Silahkan berkomentar melalui kolom komentar dibawah tentang posting kali ini maupun blog ini. Salam....