|

Bermain Gelembung Sabun


Hampir semua orang pernah bermain dengan gelembung sabun. Gelembung ini adalah balon sabun yang diisi dengan udara dan terlihat indah. Namun, kita hanya dapat menikmati keindahannya dalam waktu yang tidak lama karena gelembung sabun ini ringan dan sangat rapuh. Ketika Anda meniup gelembung sabun, angin dengan kecepatan rendah pun akan menerbangkan gelembung sabun tersebut. Jika Anda meniup mereka ke udara didalam ruangan, maka akan segera jatuh & hilang bahkan sebelum sampai ke lantai. Karena gelembung sabun sangat ringan, maka akan dapat melayang di udara yang hanya sedikit lebih padat daripada udara yang mengisi mereka. Ketika gelembung sabun kita tempatkan ke dalam sebuah wadah berisi karbon dioksida, gelembung mengapung di atas karbon dioksida dan dapat kita lihat keindahannya. Di bawah ini adalah percobaan pada ruangan tertutup, dan gelembung sabun memperlihatkan banyak hal yang jarang kita lihat

Untuk membuat gelembung sabun melayang, Anda akan memerlukan bahan-bahan berikut:

* Sabun
* Alat untuk meniup gelembung sabun
* Wadah besar transparan tanpa tutup atas ( bisa dengan akuarium )
* 125 ml (½ cangkir) baking soda (natrium bikarbonat)
* 250 ml cuka
* Piring kaca ceper yang muat dalam wadah besar.

Letakkan wadah besar di atas meja di mana anda dapat dengan mudah melihat melalui sisinya. Tempatkan piring kaca ke dalam wadah transparan besar. Letakkan 125 mililiter (½ cangkir) baking soda diatas piring. Tuangkan 250 ml cuka ke dalam piring yang berisi baking soda. Campuran soda dan cuka akan segera mulai mendesis ketika mereka bereaksi dan membentuk gas karbon dioksida. Gas karbon dioksida lebih padat dari udara sehingga akan tertahan di dalam wadah besar asalkan tidak terganggu oleh udara di atas wadah. Karena karbon dioksida tidak berwarna, Anda tidak dapat melihat ke dalam wadah. Namun, Anda akan segera dapat mendeteksi keberadaannya dengan gelembung sabun.
Setelah bereaksi dan terdengar desisan mulai mereda (sekitar satu menit), tiup balon sabun dengan alat tiup di atas permukaan wadah besar, sehingga mereka masuk ke dalam wadah. Lakukan dengan hati-hati, jangan terlalu keras meniup. ( Jangan ditiupkan langsung ke wadah, karena akan meniup karbon dioksida keluar dari wadah ). Ketika gelembung sabun perlahan-lahan masuk ke dalam wadah maka tidak akan langsung tenggelam ke dasar, karena akan mengapung di permukaan yang mengandung karbon dioksida dalam wadah.
Ketika gelembung sudah mengambang di atas gas karbon dioksida dalam wadah, coba anda amati gelembung sabun dengan baik. Perhatikan apa yang tampak pada gelembung. Apa warna gelembung? Dapatkah anda melihat lebih dari satu warna pada gelembung? Apakah ada perubahan warna? Perhatikan ukuran gelembung, apakah ukurannya berubah? Perhatikan posisi gelembung, apakah tetap pada tingkat yang sama dalam wadah? Apakah gelembung itu bergerak?
Jika anda telah selesai mengamati gelembung, bersihkan campuran dalam piring dengan membilasnya menggunakan air.
Warna gelembung sabun berasal dari pantulan cahaya yang jatuh pada gelembung. Cahaya seperti dari matahari atau dari bola lampu, mengandung semua warna. Cahaya akan terlihat seperti gelombang pada permukaan gelembung sabun dan terlihat berwarna. Ketika cahaya dipantulkan dari gelembung, sebagian dari cahaya terlihat pada permukaan luar balon sabun dan ada yang terlihat dari permukaan bagian dalam balon sabun.
Gelombang cahaya yang dipantulkan dari permukaan luar dan dalam dari gelembung sabun dapat berbeda satu sama lain. Pada saat gelombang cahaya yang dipantulkan dari permukaan luar dan dalam balon sabun bertemu, intensitas warna cahaya meningkat. Jika puncak gelombang tercermin dari permukaan dalam bertemu pada lembah gelombang dari permukaan luar, intensitas cahaya akan hilang. Karena ketebalan permukaan yang bervariasi dan panjang gelombang cahaya yang menentukan warna berbeda-beda, daerah-daerah berbeda dari gelembung akan memiliki warna yang berbeda pula. Jika gelembung sabun mengambang di karbon dioksida selama lebih dari satu menit, anda dapat perhatikan bahwa gelembung perlahan-lahan menjadi lebih besar. Anda juga dapat perhatikan bahwa gelembung perlahan-lahan tenggelam ke dalam wadah. Baik perubahan bentuk dan naik turunnya gelembung adalah hasil dari proses yang sama. Ketika anda meniup, balon sabun akan dipenuhi dengan udara. Ketika balon ditiupkan dalam wadah yang berisi karbon dioksida, gelembung dikelilingi oleh gas ini. Gelembung membesar karena gas karbon dioksida bergerak ke dalam gelembung (melalui permukaan sabun) lebih cepat daripada udara bergerak keluar dari gelembung. Karbon dioksida dapat bergerak masuk melalui permukaan sabun lebih cepat daripada udara, karena lebih larut dalam air daripada udara. (Air adalah komponen utama dari gelembung-sabun ). Pada saat jumlah karbon dioksida dalam gelembung meningkat, gelembung menjadi lebih berat dan tenggelam pada wadah karbon dioksida di mana ia mengambang sebelumnya.


Diposkan Oleh : Dimas pada 00.09 . File label : . Terima kasih sudah berkunjung di Dimas on Blog. Silahkan berkomentar melalui kolom komentar dibawah tentang posting kali ini maupun blog ini. Salam....